Selasa, 02 Februari 2010

Pacuan Kuda Anak Gubernur

Saat Amr Ibnul Ash menjabat Gubernur Mesir, ia mempunyai putra yang gemar pacuan kuda. Suatu ketika, putranya mengikuti pacuan kuda melawan seorang joki dari Mesir. Mereka mencapai garis finis secara bersamaan, sehingga tidak diketahui dengan pasti siapa yang memenangkan pacuan kuda itu.
Putra Gubernur merasa tersinggung dan memukul orang Mesir. Ia berkata, ”Kamu tidak bisa mengalahkan putra pejabat?” Orang Mesir itu tidak terima dan mengadukan pemukulan itu pada Amirul Mukminin Umar Ibnul Khaththab r.a. Maka Umar pun me-manggil gubernur Mesir Amr Ibnul Ash dan putranya. Ia juga me-manggil orang Mesir yang me-ngadukan itu. Di hadapan khalayak Umar menyuruh orang Mesir itu untuk memukul putra gubernur sambil berkata, ”Pukullah anak pejabat ini!”
Ia juga menyuruh orang Mesir itu untuk memukul gubernur karena anaknya tidak berani me­mukul orang, kecuali karena jabatan yang ia pegang. Lalu Umar membentak Amr Ibnul Ash, ”Sejak kapan kalian memperbudak ma­nusia, padahal ibu mereka me­lahirkan mereka dalam keadaaan merdeka?”
Keadilan adalah hak makhluk yang merdeka.

Sumber : Buku Kisah2 teladan
Penerbit: Gema Insani

0 komentar:

Posting Komentar